mercredi, février 20, 2013

Konser Jazz dengan Musisi dari Prancis "Bojan Z"




YOGYAKARTA
Sabtu 23 Februari – 19.00
Auditorium IFI Yogyakarta – Jl. Sagan  3 
Yogyakarta 55223
Gratis dan Terbuka untuk Umum 


Pianis dan penerima berbagai penghargaan jazz, Bojan Z lahir di lingkungan keluarga penyuka musik di Beograd, Serbia tahun 1968. Ia mulai bermain piano sejak usia 5 tahun dan gemar mendengarkan musik folk Yugoslavia, musik Brazil, The Beatles dan juga musik klasik seperti Bach, Ravel dan Debussy.
Ia pindah ke Paris pada tahun 1988 dan beberapa tahun kemudian menjadi salah satu musisi jazz yang tidak bisa dipandang lagi sebelah mata. Bekerja sama dengan musisi-musisi lain, ia bermain di berbagai bar dan klub di Paris, baik dalam formasi duet maupun kuintet. Dua tahun kemudian, ia mulai dikenal publik, memenangkan penghargaan sebagai “Solois Terbaik” yang membuat berbagai musisi besar jazz menaruh perhatian pada penampilannya.
Pada tahun 1991 ia berpartisipasi dalam sebuah kuartet sukses, Azur. Ia bekerja sama dengan pemain kontra bas terkenal Prancis, Henri Texier, dan pemain klarinet, Michel Portal. Kedua musisi inilah yang membawa Bojan Z ke panggung-panggung besar Prancis, Eropa dan lain sebagainya. Ciri khasnya berupa permainan jazz yang matang dan pengaruh musik folk Balkan yang meninggalkan kesan tersendiri pada setiap penampilan Bojan Z.
Di tahun 1993, ia memulai kolaborasi dengan Label Bleu dan menghasilkan album perdananya yang dirilis di New York, “Bojan Z Quartet”, diikuti dengan album “Yopla!” di tahun 1995. Empat tahun berikutnya, ia mengeluarkan proyek multi-etnis Koreni dengan mengundang 8 musisi dari berbagai negara, di antaranya seorang perkusionis Aljazair, peniup ney dari Turki, gitaris rock dari Makedonia dan dua basis yang merupakan kawan lamanya dari Beograd.
Dari semua albumnya, yang paling banyak mendapat pujian adalah “Solobsession”, album piano solo, dirilis tahun 2001. Setahun kemudian ia meraih gelar “Chevalier de l’ordre des Arts et des Lettres”, penghargaan paling prestigius dari pemerintah Prancis, serta penghargaan Django Reinhardt untuk “Musisi Terbaik Tahun Ini” dari Akademi Jazz Prancis.
Album kelimanya, “Transpacifik”, merekam masa-masa kolaborasinya bersama berbagai musisi Amerika. Ia kemudian menerima penghargaan Jazz Eropa (Hanz Koller) di tahun 2005 sebagai “Artis Jazz Eropa Terbaik”. Tidak berhenti disitu, "Xenophonia" (2006) memenangkan penghargaan “Les victoires du jazz 2007” sebagai “Album Terbaik Tahun Ini”. Proyek terakhirnya “Tetraband” dirilis bulan Oktober 2009 bersama pemain trombolin asal Brooklyn Josh Roseman, drummer London Seb Rochford dan basis Ruth Goller.
 ------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadwal Tur Bojan Z di Indonesia
JAKARTA
19 Februari – 20.00
GoetheHaus – Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta Pusat
Gratis
BANDUNG
21 Februari – 19.30
Auditorium IFI Bandung - Jl. Purnawarman no. 32 Bandung 40117
Gratis
YOGYAKARTA
Sabtu 23 Februari – 19.00
Auditorium IFI Yogyakarta – Jl. Sagan no. 3 
Yogyakarta 55223
Gratis
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Diskografi
2012: Soul Shelter
2006: Xenophonia
2003: Transpacifik
2000: Solobsession
1999: Koreni
1995: Yopla!
1993: Bojan Z Quartet

Website 

Aucun commentaire: