lundi, juillet 16, 2012

Pemutaran Film KCK : "Des hommes et des dieux" / "Of Gods and Men"

Kamis, 19 Juli 2012, jam 19.00

Pemutaran Film KCK : 

"Des hommes et des dieux" / "Of Gods and Men"

Auditorium IFI-LIP Yogyakarta

Jl Sagan 3 , Yogyakarta

Tél. +62 (274) 54 74 09 / 56 65 20


SINOPSIS
"Des hommes et des dieux" / "Of Gods and Men"
 Xavier Beauvois2010, diangkat dari kejadian nyata



Of Gods and Men diangkat dari kejadian nyata di tahun 1996. Pembunuhan yang hingga kini masih misterius itu merupakan satu dari episode panjang pembantaian warga sipil. Pelakunya adalah milisi fundamentalis sepanjang perang sipil Aljazair, yang melibatkan militer di satu kubu dan sejumlah kelompok-kelompok Islamis yang saling bertikai di kubu lainnya. Sulit untuk tidak menarik film ini ke dalam dimensi sosial-politik pada zamannya, bukan karena cakupan konteksnya terlalu partikular dan harus dilihat secara spesifik. 


Di tahun 1996, tujuh biarawan Perancis yang tinggal di sebuah gereja terpencil di Tibhirine, sebuah desa di Algeria, diculik dan ditemukan dalam keadaan kepala tergorok. Pasukan Islam Bersenjata Algeria (bagian dari al-Jama'ah al-Islamiyah al-Musallaha) menyatakan tanggung jawab penuh atas kejadian tersebut. Kenyataannya, sampai sekarang belum benar-benar diketahui pihak yang benar-benar bertanggung jawab penuh atas kejadian tersebut.

Des hommes et des dieux bercerita tentang hari-hari para biarawan tersebut sebelum penculikan. Film ini ialah salah satu front runner dan favorit penonton di Festival Film Cannes 2010 silam, dan berhasil memborong penghargaan Grand Prix (semacam runner-up atau juara ke-2 di Cannes). Sangat gampang menyatakan kalau film ini adalah sebuah karya iman (sekalipun saya tidak tahu apakah Xavier Beauvois adalah seorang Kristen yang taat). Jauh di dalam, Of Gods and Men merupakan film yang menantang keyakinan penontonnya tentang posisi Kristen, Islam, pragmatisme, terorisme, martirisme (atau jihad), dan militerisme dewasa ini










Aucun commentaire: