mercredi, juillet 04, 2012

FETE DE LA MUSIQUE 2012 І PESTA MUSIK 2012


FETE DE LA MUSIQUE 2012 І PESTA MUSIK 2012

Abaji , paku percussion, calunk funk,
Sabtu, 7 Juli 2012 - 19.00
IFI-LIP Yogyakarta, Jalan Sagan no. 3
Gratis
 
Musisi berdarah Armenia, Abaji akan menyapa para penggemarnya di tanah air dalam sebuah pertunjukkan pada tanggal 7 Juli di IFI-LIP Yogyakarta.

Musisi kelahiran Lebanon yang kemudian diasingkan ke Prancis tersebut akan memuaskan kerinduan para penggemar dengan suara seraknya yang diiringi berbagai alat musik kuno dan langka.

Abaji yang juga dijuluki 'trubadurnya orang Badui' menancapkan jenis musik blues dengan cita rasa oriental sehingga menjadi nikmat untuk didengarkan. Dipadukan dengan suara seraknya, musik yang dimainkan menjadi lebih sensual.

Album kelimanya, Origine Orients merupakan perwujudan dari isi hatinya tentang asal usul keluarga, Ia dibesarkan dengan tradisi musik Armenia, Turki, Siria dan Yunani, Abaji memberikan resonansi ketakzimannya kepada Timur Tengah, tanah di mana ia dilahirkan.

“Saya selalu jatuh cinta pada alat musik yang sudah tua dan rusak. Ini layaknya perasaan seseorang yang sakit hati yang berbicara ke orang lain, dan saya merasa mampu mengubah instrumen tua ini menjadi nada-nada yang ada dalam kepala saya," ujar Abaji dalam siaran persnya.

Melalui musiknya, Abaji mengkhayalkan rasa kehilangan sekaligus menemukan kembali akar-akar musik trans-mediterania dan menciptakan 'instrumentarium', musik dengan sentuhan blues, dalam lima bahasa dan sarat dengan tradisi yang membesarkannya.

Di Beirut, ia mulai belajar bereksperimen dengan gitarnya yang sangat sederhana, sambil mendengarkan lagu-lagu Cat Stevens, Creedence Clearwater Revival, dan Bob Dylan serta alunan musik tradisional Turki yang terdengar dari luar jendela kamarnya.

Pada pertengahan tahun 70-an di Paris, Abaji belajar bermain perkusi dengan seorang musisi Brazil. Berkat gurunya ini, ia terinspirasi untuk segera mempelajari lusinan alat musik lainnya, dan hingga kini ia memiliki 250 instrumen. Bukan hanya untuk dimainkan, alat-alat musik menurutnya harus direproduksi, seperti misalnya jenis hybrid sitar-gitar atau penemuan oud-gitar, yang ia mainkan untuk album Origine Orients.


Aucun commentaire: