vendredi, mai 25, 2012

Band Rock : Zone Libre - 28 MEI – 19.00 Auditorium IFI - Jl Sagan 3

Zone Libre 
Band Rock
28 MEI – 19.00
Auditorium IFI - Jl Sagan 3
YOGYAKARTA
GRATIS


Zone Libre, sebuah band rock dengan musik yang magis, membuat ilustrasi musik yang ditampilkan secara langsung mengiringi sebuah maha karya film bisu berjudul “Nosferatu le vampire” karya Friedrich W. Murnau (1922). Murnau, pelopor film ekspresionis Jerman, mencipta dekorasi aneh dan makhluk-makhluk ganjil melalui kejeniusannya memainkan bayang-bayang dan cahaya.

Cerita yang memabukkan dan menakutkan disajikan dengan iringan musik yang mencekam oleh seorang musisi rock terkenal Prancis, Serge Teyssot Gay (gitaris Noir Désir, Band legendaris Prancis), diiringi oleh Cyril Bilbeaud pada drum. Perpaduan sempurna antara konser dan sinema.

Album instrumental perdana Zone Libre “Faites vibrer la chair” dirilis tahun 2007, beraliran musik rock eksperimental yang mirip dengan sebuah film versi Cinémascope. Berkat vitalitas dari energi yang orisinil ini, Zone Libre memutuskan untuk melangkah lebih jauh dan memberikan ruang kolaborasi dengan beberapa artis (penyanyi rap Casey dan Hame). Album eksperimental campuran antara rock dan rap ini untuk pertama kalinya dirilis di Prancis tahun 2009, “L’Angle mort”, yang kemudian diikuti oleh “Les Contes du chaos” dengan Casey dan Hame di tahun 2011.

Zone Libre juga memiliki sejumlah pengalaman baru sinematografi: mereka membuat komposisi orisinil untuk soundtrack sebuah film detektif karya Pierre Venour “Magma” di tahun 2010. Lalu mereka turut berpartisipasi dalam film perdana Joaan Sfar yang berjudul “Gainsbourg, vie heroique”.

Konser-sinema pertama Zone Libre ditampilkan pada bulan September 2009 disebuah festival di Paris yang didedikasikan untuk novel bergenre detektif. Film yang diputar berjudul “Nosferatu” karya Friedrich W. Murnau. Setelah pengalaman perdananya ini, mereka semakin bersemangat untuk memperdalam dan terus menampilkan konser-sinema kepada publik.

Bulan Mei 2010, Zone Libre mempertunjukkan untuk kedua kalinya konser-sinema, lagi-lagi sebuah mahakarya dari sinema bergenre ekspresionis Jerman yang berjudul “The Cabinet of Caligari” oleh Robert Wiene (1919) di sebuah sinema di Paris. Kemudian, ketertarikan terhadap film-film kriminal mendorong mereka untuk membuat soundtrack dari “Dr Jekyll et Mr Hyde” karya John S. Robertson.

“Saya memutuskan untuk membubarkan band Noir Désir atas alasan ketidakcocokan secara emosi, relasi dan musikal dengan Bertrand Cantat, ditambah dengan berbagai ketidakwajaran yang terjadi selama beberapa tahun di dalam grup musik tersebut”,  ungkap Serge Teyssot-Gay kala secara resmi membubarkan band Noir Désir di tahun 2010. Grup legendaris ini tidak pernah benar-benar lepas dari skandal pembunuhan brutal yang dilakukan oleh vokalis Bertrand Cantat terhadap kekasihnya, Marie Trintignant tahun 2003 silam.

Zone Libre merupakan ruang bagi sang gitaris untuk melanjutkan karir musiknya dengan kebebasan penuh, setelah 30 tahun menjadi bagian dari band rock paling ikonik di Prancis. Seperti yang dikatakan Serge, “Akhirnya saya merasa bebas. Bahagia dan bangga telah mampu menciptakan label musik sendiri, Intervalle Triton, untuk memproduksi album-album saya, dengan siapapun dan kapanpun saya mau. Hal ini merupakan sebuah kemewahan luar biasa yang tidak sering terjadi pada kebanyakan musisi.”

Sudah 20 tahun berlalu sejak gitaris yang berasal dari kota Bordeaux, Prancis ini menetap di daerah Saint-Ouen, Paris. Baginya, Zone Libre adalah sebuah grup yang didesain untuk melibatkan para profesional sekaligus amatir dalan dunia musik. Tidak perlu sebuah pengetahuan khusus untuk  menciptakan emosi dan menemukan suara-suara musik.

Zone Libre selalu memiliki tujuan utama, yakni berimprovisasi terhadap tiap gambar dalam film dengan tidak mengubah logika ceritanya. Mereka ingin mengemukakan aksi dan emosi dengan rinci, serta menambahkan unsur personal ke dalam musik yang universal.



Musisi
Gitar : Serge Teyssot-Gay
Drum : Cyril Bilbeaud


Aucun commentaire: