mardi, avril 21, 2009

FESTiVAL SiNEMA PRANCiS 2009 : YOGYAKARTA


Festival Sinema Prancis 2009/Yogyakarta

Dalam Musim Semi Prancis 2009

Presenter : Lembaga Indonesia Prancis

5 film dalam bahasa Prancis dengan teks Inggris

10 pemutaran hari Kamis 30 April & Jumat 1 Mei 2009

GRATIS di Studio21 Ambarrukmo Plaza

(Tiket gratis diambil di LIP dari tanggal 27 April 2009)

Kamis 30 April 2009

11.15 : Entre les murs

(2008, 128 mins, Laurent Cantet, fiksi)

François adalah seorang guru muda bahasa Prancis di kelas 4 di satu sekolah menengah yang sulit. Ia tidak ragu-ragu untuk menghadapi Esmeralda, Souleymane, Khoumba dan murid-murid lainnya dalam adu mulut, seakan-akan bahasa itu sendiri memang satu pertaruhan. Tetapi pengajaran tentang demokrasi kadang bisa benar-benar beresiko.

13.45 : La tête de maman

(2007, 95 mins, Carine Tardieu, Komedi drama)

20 tahun yang lalu, beberapa tahun sebelum aku lahir, Mama mencintai seorang cowok. 20 tahun yang lalu, mereka berpisah dan keparat itu, ketika ia pergi, ia membawa senyum mama bersamanya.

Aku harus menemukannya, dia harus mengembalikannya ke mamaku. Kalau tidak, aku mati. Lulu15 tahun

16.15 : Jean de la Fontaine

(2007, 100 mins, Daniel Vigne, Sejarah)

Tahun 1661, Fouquet, penasihat raja, ditangkap atas perintah Colbert. Louis XIV menjadi satu-satunya penguasa. Sementara seniman-seniman lain bergegas ingin melayani monarki yang sangat berkuasa, satu orang bangkit untuk menegaskan dukungannya pada sang menteri yang dijatuhkan itu, dialah Jean de la Fontaine. Colbert bersumpah pada dirinya sendiri untuk membuat pemberontak itu menyerah. Sejak saat itu, La Fontaine tidak pernah mundur dari keyakinannya. Ia tetap bertahan, tanpa uang, menulis fabel-fabel, pamflet-pamflet provokatif melawan regim yang sewenang-wenang.

18.45 : Ceux qui restent

(2007, 94 minutes, Anne Le Ny, Komedi drama)

Bertrand dan Lorraine adalah mereka yang tersisa …. Mereka adalah orang-orang yang mondar mandir di koridor sambil mengajukan pertanyaan-pertanyan terlarang, terlihat di kios-kios penjual koran, bicara terlalu keras di kafetaria dan merokok secara sembunyi-sembunyi di atas atap rumah sakit tempat pasangan mereka dirawat. Untuk mengurangi rasa bersalah karena tetap sehat walafiat. Bertrand dan Lorraine memutuskan untuk saling menolong agar bisa hidup, tertawa dan terus mencintai.

21.15 : 13 m2

(2007, 84 mins, Barthélémy Grossmann, thriller)

Setelah menyerang sebuah kendaraan lapis baja, José, Farouk dan Réza melarikan diri ke dalam sebuah tempat persembunyian berukuran 13m². Terkurung bersama uang, moral yang ternoda, hubungan dan karakter tiga sekawan ini akan terungkap dengan rangkaian kebohongan dan konflik yang ditimbulkan oleh situasi yang menekan ini. Sejak itu, setiap jalan ke luar ke dunia nyata tampak seperti ancaman, apakah mereka akan berhasil mempermainkan nasib dan mengambil langkah baru?

Jumat 1 Mei 2009

11.15 : Ceux qui restent

13.45 : Jean de la Fontaine

16.15 : 13 m2

18.45 : Entre les murs

21.15 : La tête de maman


2 commentaires:

irphan a dit…

mengapa d web www.sinema-perancis.com yg notabene sbg situs resmi festival film perancis 2009 ga d jelaskan,klo mo nonton kudu bawa tiket yg d ambil di tempat tertentu seperti LIP jogja???kan banyak yang merasa tertipu dan malu, setelah ke bioskop,eh ternyata kudu bawa tiket...

Lembaga Indonesia Prancis a dit…

LIP/CCF Jogja bukan pembuat/pengisi web www.sinema-perancis.com tp info tentang tiket festival sinema Prancis di Jogja (tempat pengambilan tiket dll) sudah tercantum di poster-poster festival sinema Prancis, di BLOG & buletin LIP - voilà edisi April-Juni.